polresbengkayang.com – Sat Polair Polres Bengkayang pada hari Selasa, 7 Januari 2020 pukul 09.00 Wib melaksanakan patroli perairan di wilayah Perairan Laut Bengkayang dalam rangka mewujudkan Harkamtibmas yang kondusif.

Dalam kesempatan lain, Sebelum melaksanakan patroli Kasat Polair AKP. Apep Syamsul Hakim, S.IP memerintahkan KBO IPDA Suyadi untuk melaksakan apel kesiapan anggota untuk melaksanakan patroli, dalam hal tersebut KBO memberikan arahan agar setiap anggota mempunyai peran cara bertindak diatas kapal yang ingin diperiksa, utamakan keselamatan pribadi masing masing, saling siaga menjaga rekan dalam pemeriksaan kapal yang dicurigai melakukan tindak pidana atau pelanggaran.

Kegiatan patroli perairan ini adalah tugas pokok dan fungsi Polisi Perairan untuk memelihara Kamtibmas, dengan Sasarannya adalah keluar masuknya kapal penyebrangan dan barang menuju pulau pulau yang ada di wilayah Kabupaten Bengkayang.

Adapun bentuk patroli perairan yang kita laksanakan di wilayah perairan laut bengkayang ini meliputi beberapa kegiatan yaitu Pemantauan, Pengawasan dan Pemeriksaan, Personil Satpolair Polres Bengkayang harus mampu menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif.

Pelaksaan patroli perairan juga dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat/nelayan pesisir, pulau dan pantai yang beraktivitas mencari ikan dan bagi kapal kapal motor yang membawa penumpang umum menuju Pulau Pulau wilayah Bengkayang, sehingga Polri dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka yang sedang melaut, seperti halnya jika terjadi sesuatu hal seperti musibah laka air Kapal Polisi dan Personel Polair dapat segera mendatangi dan memberikan bantuan SAR.