polresbengkayang.com – Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak. Dalam kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, di antaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Mantap Brata 2018”.

Dalam menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menyukseskan agenda Pemilihan Umum tahun 2019 di Kalimantan Barat, peran Kepolisian dan TNI sangatlah penting.

Tak hanya itu, untuk menyikapi agenda Kamtibmas Pemilihan Umum Tahun 2019, Polres Bengkayang diperlukan pelaksanakan kegiatan cipta kondisi operasi Kepolisian terpusat dengan tema sandi operasi mantap Brata Kapuas 2018 dalam rangka pengamanan tahap kampanye Pemilihan Umum Pileg dan Pilpres tahun 2019.

Seperti yang dilakukan oleh Personil Sat Sabhara Polres Bengkayang yang melakukan pengamanan kantor KPU Bengkayang yang rutin dilaksanakan setiap hari sampai selesai pelaksanaan Pemilu 2019. Tidak hanya melakukan pengamanan Kantor KPU, Petugas Polri juga melakukan pengamaan di gudang penyimpanan logistik pemilu agar tetap aman.