Polres Bengkayang – Senin (13/07/2020) bertempat di Halaman Polres Bengkayang Polda Kalbar dilaksanakan Apel Pergelaran Sarana dan Prasarana dalam Menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah hukum Polres Bengkayang.

Apel dipimpin oleh Kapolres Bengkayang AKBP NB. Darma dihadiri oleh Plh. Bupati Bengkayang Obaja, S.E., M.Si, Dandim 1202 Singkawang diwakili oleh Danramil Kapten Inf. Suradi, Kasat Pol PP Kab.Bengkayang, Ali Akbar, Kepala BPKS Diary Niko Naim, PJU Polres Bengkayang dan seluruh personel Polres Bengkayang serta tamu undangan.

Dalam amanatnya Kapolres Bengkayang mengatakan bahwa dampak El Nino diwilayah Kab. Bengkayang berpotensi mengakibatkan Kebakaran hutan dan lahan serta gagal panen, kondisi ini memicu kerawanan pangan yg bisa terjadi sewaktu-waktu.

Pada musim kemarau panjang diwilayah Kab. Bengkayang menjadi ancaman kebakaran hutan dan lahan sewaktu-waktu terjadi baik yang dikakukan oleh pihak petani maupun pihak perusahaan perkebunan yang membuka lahan (Land Clearning) dengan cara membakar.

“Menghadapi situasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kab.Bengkayang, perlu dilakukan kesiapan kesatuan Polres Bengkayang didalam pemahaman, penyamaan presepsi dan pola tindak dalam menghadapi pembakaran/kebakaran hutan dan lahan perlu dilakukan suatu tindakan pencegahan terhadap pembakaran/kebakaran hutan dan lahan”, ucap Kapolres Bengkayang.

“Sebagai ujung tombak Polri yang berada ditengah-tengah masyarakat mengedepankan 3 Pilar (Bhabinkamtibas, Bhabinsa dan Kepala Desa/Lurah), agar dapat menangkal dan mencegah terjadinya karhutla, dgn keterbasan pengetahuan dan kurang kepedulian terhadap lingkungan dapat menimbulkan ekses di tengah masyarakat diantaranya masyarakat membakar lahan sembarangan yang dapat mengganggu kamtibmas bagi masyarakat lain dan timbulnya masalah sosial dan tradisi dalam hal membuka lahan pertanian dan perkebunan”, tambahnya.

“Untuk meminimalisir pencegahan pembakaran/kebakaran hutan dan lahan diwilayah hukum Polres Bengkayang, maka Polres Bengkayang siap dan mengerti melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi “Bina Karuna Kapuas-2020” dengan sasaran pencegahan dan penegakan hukum terhadap pembakaran/kebakaran hutan dan lahan”, tutup Kapolres Bengkayang.

Diakhir kegiatan, Polres Bengkayang bersama Plh. Bupati Bengkayang dan tamu undangan melakukan pengecekan sarana pemadam kebakaran Hutan dan Lahan yang telah tergelar di Halaman Mako Polres Bengkayang.