polresbengkayang.com – Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.

Di Indonesia, sejarah pramuka Indonesia dianggap lahir pada tahun 1961. Hal ini mengacu pada Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dan dipertegas lagi dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961. Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dan hingga saat ini diperingati setiap tahunnya.
Memperingati Hari Pramuka yang ke-57, diadakan acara Upacara Api Unggun di Kecamatan Jagoi Babang. Disitu Kepolisian hadir dan mengamankan acara tersebut demi kelancaran dan keamanan. Peserta upacara api unggun yaitu diikuti oleh seluruh peserta dari masing masing Kwartir Ranting (kwaran) se-Kabupaten Bengkayang. Selesai melaksanakan upacara api unggun kemudian dilanjutkan dengan menampilkan Yel yel dari masing masing kwaran.
Penulis : Andre Candra