Tugas anggota Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan tidak hanya semata melaksanakan pengamanan, penindakan, dan penegakan hukum sebagai upaya harkamtibmas. Namun juga berupa pembinaan, mediator problem solving, sosialisasi, himbauan, pencegahan dan edukasi baik itu tentang hukum maupun tentang tugas Polri itu sendiri kepada masyarakat.

Dalam hal edukasi hukum dan aturan yang berlaku khususnya dimasa pandemi Covid-19 ini, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Ledo Polres Bengkayang menyambangi warga desa binaannya dan memberikan pembinaan berupa edukasi dan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru dengan tetap disiplin menjalankan Protokol Kesehatan berupa 5M, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi, Sabtu (28/8/2021).

Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Ledo dalam kegiatan sambang ke desa binaan menemui warganya dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas untuk dapat sinergis dalam menjaga lingkungannya, serta dapat memberikan informasi sekecil apapun menyangkut gangguan kamtibmas kepada pihak kepolisian sehingga tercipta situasi yang kondusif di wilayah hukum Polsek Ledo.

Tidak hanya itu Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Ledo dalam sambang ke desa binaannya juga menjelaskan dan mensosialisasikan kepada warga tentang Adaptasi Kebiasaan Baru selama pandemi Covid-19 belum berakhir diharapkan kepada warga desa binaan agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk mencegah dan memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19 serta jika ada warganya yang memiliki gejala terinfeksi Covid-19 untuk segera memberitahukan kepada Bhabinkamtibmas Polsek Ledo agar bersama Puskesmas Ledo dapat dengan cepat dilakukan penanganan berupa 3T yakni “Testing” (tes), “Tracing” (pelacakan), dan “Treatment” (penanganan).

Sementara itu di tempat terpisah Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K melalui Kapolsek Ledo IPTU Asep Maulana menjelaskan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas berupa giat sambang merupakan cara Polri khususnya Polsek Ledo mendekatkan diri dan menarik simpati serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan khusus dimasa pandemi Covid-19 ini berperan dalam edukasi dan penegakan Protokol Kesehatan didesa binaannya.

“Karena peran Bhabinkamtibmas selain melaksanakan tugas dalam pengawasan harkamtibmas, pembinaan, sosialisasi dan edukasi serta sebagai mediator dalam pemecahan masalah yang ada di desa binaan, dimasa pandemi Covid-19 saat ini Bhabinkamtibmas juga menjadi ujung tombak dalam membina warga tetap disiplin menjalankan Protokol Kesehatan dan tetap sinergis menjalankan tugas bersama Satgas Covid-19 Kec. Ledo dalam pencegahan penyebaran Covid-19 diwilayah Kec. Ledo,” tutup Kapolsek Ledo IPTU Asep Maulana.