Polres Bengkayang – Ciptakan Keamanan dan Kelancaran Kegiatan Kemasyarakatan Di Wilayah Hukum Polsek Ledo, Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana Turunkan Personil Guna Lakukan Pengamanan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) Tahap I Bulan Ke 2 Tahun 2020 di Desa Lesabela Kecamatan Ledo Kabupaten Bengkayang; (Selasa, 25/08/2020).

Rangkaian Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) merupakan salah satu kegiatan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ). Ketua BPD Desa Lesabela Sirilus menjelaskan bahwa BLT DD adalah bantuan dalam bentuk uang tunai yang bersumber dari dana desa dan diberikan kepada masyarakat terdampak covid-19. ” Selain terdampak covid-19, ada persyaratan dan kriteria khusus yang menjadi penilaian dan pertimbangan dalam menentukan warga yang berhak menerima BLT DD tersebut”, jelasnya.

Lebih lanjut Sirilus menuturkan bahwa keputusan untuk menentukan warga yang berhak menerima BLT DD ini sebelumnya telah melalui proses penilaian dan survei lapangan oleh tim khusus yang kemudian selanjutnya dibahas dalam rapat musyawarah desa khusus ( MUSDESSUS ). “Dari hasil MUSDESSUS tersebut lah kita memutuskan dan menetapkan warga yang berhak menerima BLT DD ini yaitu sebanyak 160 KK dengan nominal yang diterima Rp.600.000 per KK per bulan dan akan kita salurkan selama tiga bulan sedangkan hari ini adalah penyaluran BLT DD Tahap I bulan ke 2, terangnya.

Hadir pada kegiatan penyaluran BLT DD tahap I bulan ke 2 Desa Lesabela yaitu Camat Ledo yang diwakili oleh Sekcam Ledo Amran,SE, Kapolsek Ledo yang diwakili oleh Kanit Sabhara Polsek Ledo Aiptu Samingan, Ketua BPD Desa Lesabela Sirilus, Kades Lesabela, Baharun,A.Md,Kep dan pendamping Desa Adiansyah serta warga penerima BLT DD Desa Lesabela sebanyak 160 orang.

Ketika dikonfirmasi Bapak Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana menerangkan bahwa pihaknya hadir untuk melakukan monitoring sekaligus pengamanan guna memastikan agar kegiatan penyaluran BLT DD ini dapat berjalan lancar dan aman. “Ini merupakan kegiatan kemasyarakatan dan sudah menjadi tanggung jawab kami untuk lakukan pengamanan dan tentunya kita berharap agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan aman”, ucap Iptu Asep Maulana.

Terkait kegiatan penyaluran BLT DD ini Iptu Asep Maulana berharap semoga penyaluran BLT DD ini tepat sasaran dan dapat membantu meringankan beban warga akibat pandemi covid-19, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan hidup sehari-hari. “Semoga dengan adanya BLT DD ini dapat meringankan beban warga dan saya berharap semoga warga dapat menggunakan BLT DD ini untuk hal yang bermanfaat, terutama untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari”, pungkasnya.