Dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat melalui Instruksi Mendagri Nomor 03 Tahun 2021 tentang PPKM berbasis mikro dan pembentukan Posko Terpadu sampai dengan tingkat RT di desa atau kelurahan sebagai lini depan dalam pengendalian dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sebagai tindaklanjut Polsek Ledo mengarahkan dan mengedepankan Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan himbauan dan monitoring penerapan kedisiplinan Protokol Kesehatan selama pemberlakuan PPKM Mikro dalam setiap kegiatan sambang di Posko desa binaan di Kec. Ledo, Sabtu (18/9/2021).

Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Ledo dalam pelaksanaan kegiatan sambang dan monitoring di Posko PPKM Mikro desa binaan memberikan himbauan kepada petugas satgas Covid-19 Posko PPKM Mikro desa binaan agar tetap disiplin dan mematuhi Protokol Kesehatan dengan menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hands sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan memgurangi mobilitas dengan tujuan untuk memberikan contoh kedisiplinan kepada masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan.

Kapolsek Ledo IPTU Asep Maulana menjelaskan bahwa Posko PPKM Mikro tingkat desa dibentuk sebagai sarana dan upaya dalam pengendalian penyebaran covid-19 dimulai dari lingkungan RT dan RW di setiap desa di Kec. Ledo dengan tujuan agar upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 dapat memberikan hasil yang lebih efektif.
“Dengan demikian pola dan zona penyebaran covid-19 bisa terdekteksi dan diantisipasi secara dini, cepat, dan tepat”, ujar Kapolsek Ledo IPTU Asep Maulana.

“Diharapkan dengan terbentuknya Posko PPKM Mikro di tingkat RT dan RW pada masing-masing desa, Bhabinkamtibas dan Satgas Covid-19 sebagai ujung tombak dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dapat mengontrol, memonitor dan mengarahkan warga hingga ke seluruh wilayah desa di Kec. Ledo agar semakin sadar dan disiplin menerapkan dan menjalankan Protokol Kesehatan dalam kegiatan dan kehidupan sehari-hari sehingga upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 bisa lebih maksimal. Amin”, tutup Kapolsek Ledo IPTU Asep Maulana.