Polres Bengkayang – Personil Piket Sentra Pelayanan Kepolisian Sektor Ledo Lakukan Sosialisasi Sapu Bersih ( Saber ) Pungli Kepada Masyarakat di Ruang Pelayanan Masyarakat Polsek Ledo, Kamis (31/12/2020).

Anggota piket SPKT Polsek Ledo, Bripka M.Ali Imron lakukan sosialiasi dan Himbauan yang ditujukan agar masyarakat dapat memahami bahwa pelayanan yang diberikan oleh anggota Polri adalah gratis. Bripka M.Ali Imron menjelaskan bahwa pelayanan Kepolisian tidak ada pungutan biaya diluar ketentuan yang telah ditetapkan sebagaimana aturan yang berlaku. Seperti pelayanan Laporan Kehilangan Barang misalnya. Selain itu, masih banyak lagi pelayanan kepolisian yang tidak ada pungutan biaya alias gratis, ujar Bripka M.Ali Imron.

Kendati demikian, Bripka M.Ali Imron membenarkan ada beberapa pelayanan Kepolisian yang memang dibebankan biaya. Pelayanan SIM dan penerbitan SKCK misalnya. Bripka M.Ali Imron menjelaskan bahwa biaya sebagaimana yang dimaksud tersebut tentunya sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. “Semua pelayanan yang dibebankan biaya tersebut sudah ada ketentuannya dan dapat dipertanggung jawabkan dan itu masuk kedalam penerimaan negara bukan pajak “PNBP”, namun diluar ketentuan yang telah ditetapkan itu, kita tidak ada pungutan biaya alias gratis” ujar Bripka M.Ali Imron.

Di tempat terpisah Bapak Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana Mengatakan “Perlu digaris bawahi bahwa perbuatan pungli itu tidak berdiri sendiri, tapi ada sebab dan akibat, baik bagi yang memberi ataupun yang menerima, tujuannya untuk mempermudah dan memperlancar segala urusan,” ujar Bapak Kapolsek Ledo.

Iptu Asep Maulana menyebut Sosialisasi Saber Pungli adalah salah satu langkah pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya praktek pungli di wilayah hukum Polsek Ledo. “Sosialisasi saber pungli semacam ini akan terus kita lakukan secara berkelanjutan. Dengan demikian kita berharap agar kedepan tidak lagi kita temukan praktek-praktek pungli dalam bentuk apapun di wilayah kita” terangnya.