polresbengkayang.com – Rabu (29/08/2018) Personil Polsek Samalantan, Anggota Koramil Samalantan dan Sat Polpp Kecamatan Samalantan mendatangi Dusun Jirak Desa Samalantan yang diduga TKP galian C (Tambang Pasir).

Tim mendatangi TKP galian C (tambang pasir) di Dusun Jirak Desa Samalantan Kecamatan Samalantan yang mana tambang Pasir tersebut terletak sekitar kurang lebih 30 Meter dari badan jalan raya / jembatan. Kemudian  turun kelapangan dimaksudkan akan memberikan teguran lisan kepada pemilik mesin tambang pasir tersebut, pada saat datang dilokasi tambang pasir teraebut tidak ditemukan adanya kegiatan penambangan pasir,  namun terdapat 1 Set Mesin Sedot berukuran 5 inch yang masih terletak didalam lubang sedalam kurang lebih 5 meter, tetapi pemilik mesin tambang pasir tersebut sedang tidak berada ditempat,  yang bersangkutan tidak melakukan penambangan pada saat tim mendatangi lokasi.

Adapun tindakan yang dilakukan Kepolisian adalah melakukan koordinasi dengan Kadus Jirak terkait adanya penambangan pasir yang beroperasi dekat dengan badan jalan raya dan jembatan dimana kegiatan tersebut harus dihentikan karena dapat berakibat longsornya jalan dan jembatan.

Dilakukan mediasi dengan orang tua S yaitu agar menyampaikan kepadanya untuk segera menghentikan aktifitasnya dan segera mengangkat mesin sedot pasirnya dari lokasi tersebut.

 

Penulis : Andre Candra