Polres Bengkayang – Kesiapsiagaan Polri dalam mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polsek Seluas, Polres Bengkayang, Polda Kalimantan Barat (Kalbar) terus dimaksimalkan.

Berbagai upaya seperti mengedarkan Maklumat Kapolda Kalbar dan spanduk yang berisi imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan, hutan dengan cara dibakar.

Hal ini pula ditindaklanjuti Polsek Seluas dengan gencar melaksanakan sosialisasi Karhutla, Selasa (29/09/2020) di desa Seluas Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang dal giat Sambang Desa dan Himbauan Karhutla serta menyampaikan Maklumat Kapolda Kalbar.

Personil Polsek Seluas Bripka Rizky Setiyan langsung datang ke rumah – rumah ( Door to Door System ) sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat Desa Seluas agar bersama sama menjaga lingkungan untuk antisipasi bencana kebakaran dan penyampaian maklumat Kapolda Kalbar kepada Warga Masyarakat.

Bripka Rizky Setiyan mengatakan, seluruh elemen masyarakat harus ikut berperan mensosialisasikan serta mengajak untuk tidak membakar hutan dan lahan.

“Kami juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,” tambahnya.

Dalam sosialisasi juga disampaikan sanksi pidana, bahwa pembakaran hutan dan lahan diancam hukuman 10 (sepuluh) tahun dan denda Rp 10.000.000.000, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, Undang-Undang No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Serta Undang-Undang No 39 tahun 2014 tentang Perkebunan.