Polres Bengkayang – Untuk mensukseskan Program Saber Pungli di Kabupaten Bengkayang Kecamatan Sungai Betung khususnya di wilayah hukum Polsek Sungai Betung, Bhabinkamtibmas Desa Suka Bangun Bripka Sarjono melaksanakan himbauan dan sosialisasi terkait gerakan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di wilayah Kecamatan Sungai Betung, Sabtu (14/11/2020).

Sosialiasi dan Himbauan ditujukan agar masyarakat dapat memahami bahwa pelayanan yang diberikan oleh anggota Polri adalah free (gratis) seperti Pembuatan Laporan Kehilangan Barang KTP, KK, AKTE Kelahiran, Sertifikat, Ijazah dan lain-lain terkecuali di luar ketetapan yang sudah ada, saat masyarakat berada di bagian pelayanan publik seperti halnya pelayanan SIM, SKCK dan Laporan Kepolisian.

Kapolsek Sungai Betung IPDA Andri Supriyanto menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan atensi dari pemerintah pusat dan dari Mabes Polri, terhadap kegiatan yang menyangkut pungli, sehingga saat ini sudah terbentuk Tim Satgas Saber pungli di setiap daerah termasuk di Kabupaten Bengkayang.

“Mensukseskan Saber Pungli, Polsek Sungai Betung gencar mensosialiasikan kepada masyarakat melalui berbagai media, baik berupa baner yang bertuliskan “Stop Pungli”, imbauan secara door to door, serta melalui media sosial.” ungkapnya.

“Apabila merasa menjadi korban dari sebuah perbuatan pungli untuk itu korban dapat melaporkan kepada petugas tim saber pungli yang sudah terbentuk melalui nomor telpon yang sudah di sosialisasikan,” pungkas Kapolsek.