polresbengkayang.com – Senin (13/08/2018) Polsek Suti Semarang melakukan patroli pencegahan Karhutla berdasarkan cek post Lapan bahwa di wilayah hukum Sektor Suti Semarang terdapat titik api (hot spot), patroli ini guna menanggulangi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang minggu-minggu ini sering terjadi.

Membuka lahan dengan cara membakar merupakan metode praktis yang biasa digunakan oleh masyarakat yang mengelola lahan secara tradisional untuk menanam tanaman kebutuhan pokok dan sudah dilaksanakan secara turun temurun, selain prosesnya cepat dan juga murah, namun proses ini menyisakan segudang masalah, yaitu gangguan kesehatan yang disebabkan dari asap yang dihasilkan.

Hasil Patroli ditemukan Lahan yang sudah terbakar (api sebagian masih menyala) untuk lahan pertanian atau berladang yang terletak di Dusun Beringin Desa Cempaka Putih, Kecamatan Suti Semarang Kabupaten Bengkayang kurang lebih 1/2 Ha. Menurut keterangan  warga Lahan tersebut milik Saudara Muhdi yang bertempat tinggal di Dusun Kendaik, Desa Cempaka Putih, Kecamatan Suti Semarang, Kabupaten Bengkayang.

Adapun tindakan yang diambil kepolisian adalah memadamkan bara api yang masih menyala dengan cara menyemprotkan air menggunakan 1 buah semprotan, menghimbau kepada  warga yang ada tinggal dekat lokasi tersebut agar tidak melakukan pembakaran lahan dan segera memberitahu / koordiansi kepada petugas apabila mengetahui terjadi pembakaran lahan (kebakaran lahan).

 

Penulis : Andre Candra