polresbengkayang – Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki kode-kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya.

Memperingati Hut Pramuka yang ke-57, diadakanlah upacara pembukaan perkemahan selama sehari dengan tema  “Pramuka Perketat NKRI”, dihadiri pula Ps. Kapolsek Sanggau Ledo (Ipda Harto Simanjuntak).

Adapun susunan acaranya adalah Pembukaan, Menyanyikan Hymne Pramuka, Pengucapan Dasa Darma Pramuka, Amanat pembina dan Doa.

“Saya berharap para pramuka indonesia selalu mempererat bangsa, selalu kompak, solid, tidak ada perbedaan demi keutuhan NKRI”, Ucap Pembina Upacara.

 

Penulis : Andre Candra