Polres Bengkayang – 3 (tiga) personel Polri dari Polsek Ledo Polres Bengkayang Polda Kalbar yaitu Ps. Kanit Intelkam Bripka Honi Suryo Prayogo, Ps. Kanit Reskrim Bripka Teja Zelky Umbara serta Bhabinkamtibmas Bripka Ignatius Guntur bersama petugas dari Team Covid Puskesmas Ledo melakukan pemakaman jenazah pasien Covid – 19 dengan menggunakan APD lengkap, Selasa (05/01/2021)17.00 Wib.

Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana mengatakan, pasien yang meninggal dunia adalah seorang Kepala Desa, Desa Lesabela Kecamatan Ledo Kab. Bengkayang Kalimantan Barat, berinisial FB (65) tersebut sebelumnya dirawat di RSUD Bengkayang kurang lebih sekitar 1 bulan karena sakit.

“Setelah pasien di rawat di ICU di RSUD Bengkayang, pasien kemudian di pindahkan di ruang isolasi, kondisi mulai menurun, lemah setelah sekian lama dirawat mendapatkan kabar berita bahwa pasien telah meninggal dunia”, ucap Iptu Asep Maulana.

Kapolsek Ledo Polres Bengkayang segera melakukan koordinasi dan penggalangan terhadap pihak RSUD Bengkayang serta keluarga untuk prosesi pemakaman pasien yang meninggal dunia dengan protokol pemakaman jenazah Covid-19.

“Pemakaman Jenazah Covid – 19 yang awal mulanya di rencanakan akan dimakamkan di TPU Bengkayang mendapat penolakan dari warga sekitar dengan alasan bukan warga setempat sehingga dialihkan di Pemakaman Umum di Dsn. Ledo Desa Lesabela Kec. Ledo tempat tinggal jenazah”, katanya.

Pemakaman jenazah turut disaksikan oleh keluarga almarhum dan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan serta protokol pemakaman, namun dalam prosesi pelaksanaan pemakaman ini dihadiri oleh Kapolsek Ledo, Camat Ledo, Kasat Pol PP kabupaten Bengkayang.