polresbengkayang.com – Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Banyak cara yang dilakukan seorang Bhabinkamtibmas untuk ciptakan situasi yang kondusif.

Mulai dari himbauan berupa lisan, maupun tulisan yang berbentuk baliho atau banner yang berisi larangan, ajakan untuk tidak melakukan pungli mapun menerima pungli yang apabila dilakukan, penerima maupun yg pelaku pungli akan berhadapan dengan hukum

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Sanggau Ledo Desa Bange Briptu Dionisius Imam Sudewo melakukan sambang kerumah warga binaannya untuk menyampaikan mengenai saber pungli.

Sambang warga dilaksanakan guna mempererat tali silaturahmi aparat Kepolisian dengan masyarakat sesuai dengan tugasnya sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.

Sementara itu Kapolsek Sanggau Ledo mengatakan telah memberitahukan Bhabinkamtibmas untuk sambang ke desa binaanya guna menjaga kamtibmas di wilayahnya dan bersilaturahmi dengan masyarakat. Dalam kesempatan itu Briptu Dionisius Imam Sudewo memberikan himbauan kamtibmas kepada warga untuk selalu waspada dan berhati-hati dan waspada terhadap tindak kejahatan serta menjauhi segala bentuk pungli.

Penulis : Andre Candra