Sebagai bentuk upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang terus ditingkatkan oleh jajaran Polsek Capkala, kali ini Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Mandor Polsek Capkala turun ke lapangan yakni Brigadir Triandhika P H guna memberikan himbauan-himbauan kepada warga terkait kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi. Rabu, (24/11/2021).

Dengan melaksanakan sambang warga binaannya, Brigadir Triandhika P H menyampaikan himbauan berupa pesan-pesan kamtibmas terkait larangan membakar hutan dan lahan serta sanksi hukum dan pidana bagi siapa saja yang terlibat dalam terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Saya berharap dengan memberikan penjelasan langsung kepada masyarakat serta memberikan pemahaman terkait undang-undang yang melarang membakar hutan dan lahan, maka masyarakat tidak lagi berfikir untuk membakar hutan dan lahan dalam berkebun maupun bertani,” ungkap Brigadir Triandhika P H.

Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, Bhabinkamtibmas tidak henti-hentinya memberikan himbauan kepada warga binaannya untuk selalu patuhi Protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Capkala.

Di lain tempat, Kapolsek Capkala melalui Kanit Binmas Bripka Nanang S., mengatakan bahwa salah satu upaya Kepolisian dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan yakni dengan memberikan himbauan atau pesan-pesan kamtibmas kepada warga langsung melalui sambang dialogis dengan masyarakat.

“Dengan bersama-sama menjaga wilayah kita ini dari bahaya kabut asap dan tentunya dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, kasian anak-anak jika mereka harus menghirup kabut asap yang notabene akan berdampak buruk pada tubuh mereka.” ujar Kanit Binmas.
Penulis: Binmas Capkala.