polresbengkayang.com – Kita telah melihat dan menyaksikan cuaca dan kabut asap yang sangat extrim sehingga kita wajib waspada akan kejadian alam tersebut,sehingga Sat Polair Perlres Bengkayang Gencar laksanakan himbauan kepada para Nelayan Pesisir tepatnya di dusun sungai soga Desa Karimunting Kec. Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang.

Kabut asap yang tebal mengakibatkan jarak pandang saat ini makin pendek akibat kabut asap atau sekitar 150 hingga 200 meter dan angin yang kencang serta gelombang yang tinggi.

“Tentu hal ini mengganggu aktivitas para Nelayan mengakibatkan para nelayan tidak berani untuk melaut dan banyak lagi dampak yang diakibatkan oleh kabut asap ini seperti dalam dunia kesehatan akan mengakibatkan radang tenggorokan.

Dalam hal ini Kapolres Bengkayang AKBP YOS GUNTUR FS, SH, SIK, MH Melalui Kasat Polair Polres Bengkayang AKP APEP SYAMSUL S. IP menyampaikan bahwa pertama: setiap nelayan yang melaut harus dilengkapi dengan alat keselamatan seperti pelampung, kedua: alat navigasi seperti kompas dan lebih baiknya GPS sehingga nelayan tidak susah untuk mencari tempat menangkap ikan dan pulang dari melaut tidak tersesat, ketiga : Alkom seperti handphone, dan keempat : ransum dan bahan bakar lebih dan dekati pulau apabila saat melaut nelayan yang terkena cuaca dan gelombang tinggi dapat berteduh dipulau dan tidak kekurangan bahan makanan dan bahan bakar kapal.

Oleh karen itu kegiatan himbauan yang dilakukan ini adalah kegiatan yang berisi tentang pesan – pesan keselamatan atau pesan kamtibmas terhadap nelayan dan juga untuk nelayan agar aman perlindungan dalam beraktivitas di laut.

Kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan tertib serta masyarakat menerima, terima kasih atas perhatian dari Sat Polair Polres Bengkayang.