porlesbengkayang.com – Sat Polair Polres Bengkayang memberikan pengarahan kepada seluruh nakhoda kapal dan perahu motor tentang Kewajiban Nakhoda dalam Penanganan Penumpang Selama Pelayaran di Perairan yang ada Dermaga Penyebrangan Teluk Suak, Rabu(22/01/20)

Hal ini merupakan upaya Sat Polair Polres Bengkayang dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran serta memperkuat aturan-aturan keselamatan khususnya yang mengatur tugas dan tanggung jawab serta kewajiban nakhoda.

“Himbauan ini bertujuan untuk menegaskan kembali aturan-aturan tentang keselamatan pelayaran yang sudah ada” pungkas Brigadir Elli Juwarsa.

Adapun himbauan tersebut meliputi sebagai berikut Pemilik/Nakhoda mengangkut penumpang dan barang sesuai dengan kapasitas Kapal Motor yang diizinkan, Pemilik/Nakhoda wajib menyiapkan alat keselamatan berupa Baju Pelampung (Life Jacket), Ban Penolong (Life Buoy), Tidak melakukan pelayaran pada musim angin (gelombang besar) serta melihat/memperhatikan keadaan cuaca sebelum berlayar.

Selanjutnya, selama pelayaran Sat Polair juga meminta kepada seluruh nakhoda untuk menjalankan kewajibannya dan selalu berkoordinasi apabila mengalami permasalahan di laut.