polresbengkayang.com – Bertempat di Aula Polres Singkawang Sat Polair Polres Bengkayang ikut kegiatan Supervisi “Implemantasi Democratic Policing” ( Pemolisian Demokratis ) dalam Pemecahan Masalah Kepolisian oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian.

Kegiatan penelitian dari STIK ini mencakup tiga Polres yaitu Polres Singkawang, Polres Bengkayang dan Polres Sambas.Kombespol Drs. Bambang Wiji selaku Ketua Tim dari STIK mengawali kegiatan dengan Sambutan dan perkenalan singkat.

Kemudian Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan tentang Pemolisian Demokratis. Sesuai UU Nomor 2 Tahun 2002 menegaskan bahwa salah satu tugas polisi adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, maka adalah suatu konsekuensi logis bahwa polisi dalam kinerjannya harus berada di tengah-tengah masyarakat.

Dengan demikian, jika mengambil logika ini, pemolisian demokratis adalah bagaimana polisi dalam kinerjanya mampu bertanggung-jawab atas kaidah-kaidah demokratis yang merupakan tututan dari masyarakat.

Pemolisian demokratis juga harus diintepretasikan sebagai kemampuan polisi untuk mampu menjaga kearifan lokal sebagai nilai penting yang dipunyai oleh masyarakat Indonesia dengan segala keragamannya.

Setelah penyampaian materi juga dilaksanakan pengisian kuesioner dan diskusi tentang permasalahan yang dihadapi di kewilayahan sebagai bahan penelitian oleh STIK. Diakhir acara Kasat Polair Polres Bengkayang AKP APEP SYAMSUL HAKIM S. IP menyempatkan diri untuk foto bersama dengan Tim dari STIK. Terima kasih atas kunjungan supervisi ini semoga kedepannya Polri semakin di percaya oleh masyarakat.