polresbengkayang.com – Sat Polair Polres Bengkayang melaksanakan giat 6 Quick Wins Polri, sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik dengan masyarakat Desa Pulau Lemukutan yang sebgian besar mata pencariannya sebagai nelayan, dan diantaranya dengan kelompok Masyarakat Pengawas Terumbu Karang dan Ekosistem Laut (Taman Kima’), Rabu (07/08/2019).

Diikuti puluhan masyarakat dari Nelayan di Desa Pulau Lemukutan, serta dihadiri Kasat Polair Polres Bengkayang AKP APEP SYAMSUL HAKIM S. IP, Bhabinkantibmas Desa Lemukutan, dan perwakilan dari UPT Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkayang Sdr Muhlisin dan Sdr Hustoybi yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kasat Polair Polres Bengkayang AKP APEP SYAMSUL, S. IP menuturkan, kegiatan program Quick Wins Polri giat 6 ini diharapkan dapat mengubah mindset atau pola pikir masyarakat nelayan/pesisir, dari yang sebelumnya tidak tertib aturan menjadi tertib.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan program dari Presiden Joko Widodo yakni program Nawacita, dimana aparat Negara (Polisi) harus hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai pemrakarsa atau pembina revolusi mental serta sebagai pelopor/contoh tertib sosial di ruang publik.

“Dengan kami memberikan pembelajaran atau contoh yang baik, harapan kami supaya masyarakat nelayan mematuhi aturan-aturan yang ada, seperti kelengkapan dokumen/surat-surat kapal, penggunaan alat tangkap ramah lingkungan, kelengkapan alat keselamatan serta mematuhi aturan zona atau batas wilayah tangkap. Hal tersebut terkandung maksud untuk menghindari terjadinya konflik antar nelayan,” tuturnya.