polresbengkayang.com –  Sat Polairud. Desa Pulau Lemukutan terletak di Kec. Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang dengan jumlah penduduk 1.191 orang, laki laki 616 orang dan perempuan 575 orang dengan jumlah kepala keluarga 361 sebagaimana keterangan Ali Syahbana selaku Sekretaris Desa Pulau Lemukutkan 13/9/2019.

Desa Pulau Lemukutan terdapat PLN Rayon Sungai Duri jumlah 350 pelanggan dari Dusun Karang Utara , Dusun Karang Timur dan Dusun Batu Barat belum semua teraliri listrik, hanya baru sekitar 25 Rumah yg terletak di RT 001 RW 001 Teluk Besar sebagaimana keterangan yang di peroleh Deni Ester selaku petugas PLN di Pulau Lemukutan dengan pasokan Solar/ Hsd berjumlah 8000 liter untuk setiap bulannya.

Sebagaimana data di peroleh dari Desa Pulau Lemukutan untuk tahun 2018-2019, bahwa keperluan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi per kebutuhan bensin/ mt Premium 25 orang X 5 liter perhari dengan jumlah kebutuhan 125 liter perhari dan kebutuhan solar/ hsd 10 orang X 35 liter perhari dengan jumlah kebutuhan 350 liter perhari untuk kebutuhan nelayan dan masyarakat setempat. Sebagaimana Surat Kepala Desa Lemukutan Ahmad Nizam kepada Manager SPBU Teluk Banjar di Sungai Raya Kepulauan nomor 113/DS.LMKTN/PEM/2018 tertanggal 9 September 2018 perihal permohonan BBM bersubsidi untuk masyarakat Pulau Lemukutan.

Sehubungan dengan hal tersebut Sat Polair Polres Bengkayang menentukan sasaran sasaran giat rutin Patroli Perairan 14/9/2018 terkait penyaluran bahan bakar minyak bersubsidi supaya tepat sasaran kepada masyarakat pesisir dan jangan sampai ada yang menyalahgunakan pendistribusiannya.

Selain itu Kasat Polair Polres Bengkayang Akp Apep Syamsul Hakim, Sip melalui Kanit Patroli Bripka Rudi Hartono, SE selalu mengadakan monitoring dan pengawasan melalui patroli perairan dengan menggunakan Sarana Air yang dimiliki.

Pendistribusian Bahan Bakar Minyak Solar/ Hsd untuk keperluan pembangkit listrik di Pulau Lemukutan yang distribusikan secara berkala melalui transportasi laut yang di muat di pelabuhan tradisional Teluk Suak maupun pelabuhan tradisional Samudra Indah dengan melihat kondisi pasang surut air laut mengingat belum adanya dermaga yang permanen hingga sampai di Pulau lemukutan, jangan sampai terjadi penyelewengan hingga terkendalanya penerangan di Pulau tersebut ujar kanit Patroli yang biasa di sapa Pak Dendi.

Patroli dengan sasaran pendistribusian Bahan Bakar ke Pulau ini sebagai tindak lanjut pertemuan yang diadakan di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan sesuai surat Camat nomor 005/96/Sectcam/2018 tertanggal 30 Agustus 2018 perihal pertemuan penyaluran bahan bakar minyak untuk nelayan se kecamatan Sungai Raya Kepulauan yang diadakan pada tanggal 3 September 2018.

Penulis: Sakalillah