polrebengkayang.com – Sat Polair. Situasi perairan laut Bengkayang yang berbatasan langsung dengan perairan Natuna memiliki panjang pantai 24 mil dan 12 pulau relatif aman dari tindak pidana di perairan termasuk perairan Pulau Lemukutan dan pulau-pulau lainnya walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi tindak pidana sehingga perlu dilakukan upaya untuk mencegah terjadinya tindak pidana di perairan maka dilakukan patroli serta pemeriksaan kapal -kapal yang beraktivitas di perairan Bengkayang.

Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah tindak pidana Kanit Patroli Bripka Rudi Hartono, SE melaksanakan patroli dengan sasaran perairan Laut Pulau Kabung dan sekitarnya serta melakukan pemeriksaan kapal-kapal yang melalui jalur perairan tersebut.

Riksa Kapal dilaksanakan terhadap TB Mandiri Tugu 2 GT. 34 Tanda Selar. 231/ HHE, Menggandeng Tongkang. Wira Swasta Mandiri GT. 631 Tanda Selar. 3996 / AA, Nahkoda. Suhardi Thamrin Abk. 3 org,membawa komponen pabrik Dari Pontianak yang akan menuju Ke PLTU Kalbar I tanjung gundul.

Kasat Polair Polres Bengkayang AKP APEP SYAMSUL HAKIM S. IP menerangkan bahwa kegiatan riksa kapal ini meliputi pengecekan terhadap Dokumen kapal dan alat kelengkapan keselamatan karena sangat penting dan vital karena situasi laut yang bergelombang tinggi, berangin dapat menyebabkan kecelakaan di laut, oleh karena itu diperlukan peralatan yang lengkap seperti life jaket dan peralatan lainnya.

Karena keselamatan dalam pelayaran adalah sangat penting dan harus didukung dengan peralatan keselamatan pada kapal ujar Kasat Polair.

Penulis : Elly J