Polres Bengkayang – Upaya pencegahan Karhutla dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi oleh Anggota bhabinkamtibmas ke masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan. Selasa/28/September/2021.

Dengan pendekatan yang Humanis oleh bhabinkamtibmas, sosialisasi dan edukasi tentang bagaimana cara buka lahan yang ramah lingkungan seperti pembersihan lahan tanpa dibakar sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat selama ini masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar.

Dalam sosialisasi dan edukasi larangan membakar hutan dan lahan, diharapkan warga masyarakat mengetahui bahaya dan sanksi yang diberikan jika melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Sosialisasi dan edukasi ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di musim panas ini, dihimbau kepada masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian terhadap alam dan lingkungan.

Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana menuturkan dalam sosialisasi yang dilakukan oleh anggota bhabinkamtibmas dengan mengupayakan pencegahan dulu, preventifnya mencegah dulu jangan sampai terjadi Karhutla termasuk memberikan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla, sekaligus menghimbau kepada warga agar membuka lahan tidak dilakukan dengan cara membakar.