polresbengkayang.com – Ciptakan situasi yang aman dan kondusif, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Betung Desa Cipta Karya Brigadir Sarjono melakukan DDS atau sambang ke salah sartu rumah warga binaannya. Sabtu (08/09/2018).

Dengan dilakukannya DDS, Bhabinkamtibmas dapat menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar masyarakat turut serta menjaga situasi kamtibmas di desa binaannya agar selalu kondusif dengan cara tidak ikut-ikutan terlibat dalam aksi kejahatan dan menanamkan ke dalam diri sendiri bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat desa dimulai dari diri sendiri.

DDS merupakan kegiatan sambang yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dari satu rumah ke rumah lain dan hal ini dilakukan secara rutin setiap hari. Sat Binmas Kepolisian Sektor Sungai Betung melalui Bhabinkamtibmasnya melaksanakan kegiatan rutin berupa kegiatan Door to door system (DDS). Selain berupa kegiatan sambang, kegiatan DDS juga merupakan salah satu wujud keaktifan Bhabinkamtibmas dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

DDS ini sangat perlu dilakukan karena di samping memberikan imbauan ataupun pesan-pesan kamtibmas, juga bertujuan untuk mendengarkan keluh kesah atau permasalahan yang dialami oleh masyarakat sehingga dapat menemukan penyelesaian dari masalah-masalah tersebut secara bersama-sama.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan DDS dapat merangkul semua elemen masyarakat agar dapat secara bersama-sama dengan Kepolisian Sektor Sungai Betung untuk mencegah dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat Kecamatan Sungai Betung dapat tetap kondusif.

Penulis : Andre Candra