polresbengkayang.com – Bhabinkamtibmas Polsek Ledo untuk Desa Lesabela Bripka Harun menyampaikan himbauan kamtibmas ketika melakukan sambang, Rabu (12/02/2020).

Kegiatan sambang merupakan salah satu pekerjaan rutin yang dilakukan oleh Bripka Harun sebagai petugas Bhabinkamtibmas. Bukan hanya menyambangi warga dari rumah ke rumah, Bripka Harun juga melakukan sambang kepada kantor-kantor pihak swasta yang berada di wilayah desa binaannya. Kali ini Bhabinkamtibmas Desa Lesabela berpangkat Bripka ini menyambangi kantor CV.Sangkaro Jaya yaitu salah satu suplyer TBS kelapa sawit ke pabrik kelapa sawit PT.SeBW di Kec.Ledo.

Dalam kegiatan sambangnya, selain menyampaikan himbauan kamtibmas Bripka Harun juga memberi saran serta beberapa tips sederhana untuk mencegah tindak kejahatan kepada karyawan CV.Sangkaro Jaya yang ditemuinya. Salah satu tips tersebut yaitu agar kita selalu waspada dan jangan berperilaku yang dapat memancing munculnya niat dari pelaku kejahatan.

Menurut Bripka Harun, kejahatan bisa saja terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku tetapi bisa juga karena adanya kesempatan yang menyebabkan munculnya niat dari pelaku. Sebagai contoh, kita semua tau yang namanya kantor suplyer tempat penukaran DO kelapa sawit yang di bawa ke PKS tentunya ada uang yang jumlahnya mungkin tidak sedikit di situ, ketika karyawan kantor tidak waspada atau bahkan ceroboh dalam menyimpan atau mengamankan barang-barang milik kantor termasuk uang itu tadi, maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat memberi kesempatan dan memunculkan niat dari pelaku kejahatan, terangnya.

Ditemui di ruang kerjanya, Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana membenarkan ada kegiatan sambang yang dilakukan oleh Bripka Harun ke kantor suplyer TBS kelapa sawit CV.Sangkaro Jaya.

Ditanya soal pencegahan tindak kejahatan, menurut Kapolsek Ledo kegiatan-kegiatan sambang yang dilakukan oleh pihaknya sudah termasuk salah satu cara untuk mencegah niat dari pelaku kejahatan.

Kapolsek Iptu Asep Maulana menambahkan tentunya dengan kegiatan sambang itu pula kita dapat menyampaikan himbauan-himbauan kamtibmas kepada pihak yang kita sambangi. Terkait tindak kejahatan dalam bentuk apapun jika memang dapat dan mampu kita cegah kenapa tidak, tutupnya.

Penulis. : Bhabinkamtibmas.