polresbengkayang.com – Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Raya lakukan penghimbauan larangan karhutla kepada salah satu warga binaannya, Selasa (25/09/2018).

Pencegahan karhutla di Kecamatan Sungai Raya dilakukan dengan mengedepankan peran serta Bhabinkamtibmas sebagai pengemban tugas pembinaan masyarakat. Sehingga masyarakat lebih mudah melakukan langkah koordinasi dan kerjasama dalam mencegah terjadinya karhutla.

“Sosialiasi yang dilakukan anggota Babinkamtibmas tersebut bertujuan antisipasi dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau nanti. Ada aturan larangan untuk membakar lahan. Setiap orang yang membakar hutan atau lahan baik disengaja maupun tidak disengaja dapat dikenakan pidana.” Ucap Bhabinkamtibmas.

“Spanduk dan banner dipasang di wilayah Kabupaten Merangin khususnya di tempat-tempat rawan pembakaran hutan atau lahan yang dilakukan oleh masyarakat maupun perusahaan yang mengelola lahan. Diharapkan masyarakat dapat membaca dan memahami serta tidak melakukan pembakaran ketika membuka hutan atau lahan,”Lanjut Bhabinkamtibmas.

Kapolres Bengkayang AKBP Permadi Syahids Putra, S.I.K, M.H. menegaskan, para pelaku pembakar hutan dan lahan akan diancam oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2004 tentang pengelolaan hutan atau lahan dan lingkungan hidup dapat dipidana 10 tahun penjara atau denda Rp 10 miliar.

 

Penulis : Andre Candra