polresbengkayang.com – Musim Kemarau yang terjadi saat ini telah mengakibatkan munculnya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi baik disengaja maupun tidak di wilayah Kabupaten Bengkayang. Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih luas Kapolsek Siding melalui Bhabinkamtibmas di masing-masing Desa memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Siding, Sekira pukul 13.00 wib telah terpantau titik api (hotspot), pemantauan cek post satelit Lapan diwilayah kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang terdapat titik api (hotspot). Dari hasil pengecekan terdapatnya titik api(hotspot) diwilayah kecamatan Siding, Senin (13/08/2018).

Oleh karena itu Polsek Siding melakukan Patroli pencegahan dan penanggulangan karhutla ke lokasi terbakarnya lahan yang dapat ditempuh dan dijangkau Petugas dilapangan. Dari hasil Patroli ditemukan beberapa lokasi lahan terbakar, satu hamparan lahan terbakar seluas kurang lebih 1/2 dalam keadaan sudah padam merupakan lahan bekas tumbuhan semak belukar  akan digunakan ladang bertani / bercocok tanam yang tidak diketahui pemiliknya yang berada di desa Tangguh Kecamatan Siding, satu hamparan lahan terbakar yang berbeda lokasi seluas kurang lebih 1/2 ha  dalam keadaan sebagian masih terbakar dan berhasil dapat dipadamkan setelah petugas dilapangan melakukan upaya pemadam api yang masih hidup dengan menggunakan peralatan yang ada di lokasi lahan yang berada di Desa Siding, Kecamatan Siding.

Kemudian Petugas Patroli mengambil langkah-langkah melakukan giat sosialisasi himbauan tentang Karhutla kepada warga masyarakat disekitar perkampungan untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan apabila mengetahui terjadi pembakaran lahan agar segera memberitahukan/berkordinasi kepada petugas.

 

 

Penulis : Andre Candra