Polres Bengkayang – Cuaca ekstrem melanda wilayah perairan Bengkayang dan sekitarnya. Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bengkayang gencar melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada pelaku pelayaran, tidak kecuali nelayan yang melakukan aktivitas di perairan.

Pasalnya, cuaca di perairan saat ini dalam beberapa hari terakhir susah untuk di tebak dan berubah dengan cepat.

Oleh sebab itu, Satuan Polair Polres Bengkayang sebagai pengemban Kamtibmas di perairan melakukan Binmas Perairan dengan memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat nelayan.

Seperti yang dilakukan oleh Brigadir Hendra Gunawan Rabu, (16/09/20) berlokasi di Dermaga penyeberangan Teluk Suak Desa Karimunting Kec. Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang, personil Satuan Polisi Perairan Polres Bengkayang Polda Kalbar imbau nelayan dan nahkoda kapal motor penumpang agar waspadai cuaca buruk.

“Kalau memang harus melaut (di tengah cuaca yang ekstrem) gunakan alat keselamatan yang ada. Jika tidak terdesak sebaiknya kurangi dulu aktivitas melaut. Kita tidak bisa tebak cuaca ini. Kadang tenang, kadang bergelombang. Kami ingatkan lagi supaya nelayan lebih waspada lagi,” ujar Brigadir Hendra Gunawan.

“Selain itu himbauan dari BMKG juga perlu diperhatikan, jangan sampai tidak mengetahui kondisi cuaca saat melaut. Kemudian jaket pengaman dan sebagainya juga harus dibawa dan dipakai”, tambahnya.

“Imbauan ini selalu kita sampaikan kepada nelayan maupun pihak pengelola jasa Kapal motor penumpang pada saat terjadi cuaca buruk diperairan dengan harapan agar tidak terjadi musibah kecelakaan di laut”, ujar Brigadir Hendra Gunawan.